25 Januari 2012

Kadin Jabar Minta Pemerintah Lindungi UMKM dari Rentenir

BANDUNG : Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat meminta pemerintah segera membuat kebijakan yang melindungi pengusaha mikro dari jeratan rentenir. Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Koperasi dan UMKM Iwan Gunawan mengatakan pelaku usaha terpaksa meminjam uang dari para rentenir karena terkendala permodalan dan terdesak faktor kesehatan. “Praktik rentenir sudah luar biasa mencekik pelaku usaha mikro, jadi harus segera diberantas pemerintah serta stake holder lainnya,” katanya hari ini.  
Dia mengemukakan dari 6 juta pelaku UMKM di Jabar, 40% meminjam ke rentenir. Dari jumlah tersebut lebih dari satu juta merupakan pelaku usaha mikro. Menurutnya, akselerasi rentenir sangat luar biasa. Selain di perkotaan, mereka juga menyusup hingga pedesaan. Kemudahan akses juga menjadi keunggulan rentenir karena menerapkan syarat yang mudah. “Akses pencairan dana yang dikeluarkan rentenir lebih cepat dan mudah karena tanpa syarat karena cukup kenal dengan para nasabahnya. Mereka juga lebih proaktif hingga pedesaan sehingga petani juga banyak yang terjerat,” tegasnya. 
Dia berpendapat para pelaku mikro harus mendapatkan edukasi terkait manfaat perbankan. Kemudian, penyuluhan serta bimbingan mutlak didapat pelaku mikro agar usahanya bisa berkembang maju.(Bisnis Jabar)

0 komentar:

Posting Komentar