30 Januari 2012

Profil Pengusaha Aneka Kue di Cikiray - Cisaat

Foto : Radar Sukabumi
Bicara soal kuliner di Sukabumi, sepertinya tidak akan ada habisnya, hal itu karena hampir diseluruh pelosok Sukabumi menjamur lautan industri rumahan yang bergerak tanpa lelah. Seiring dengan itu, segudang kreasi dan inovasi terus dilakukan untuk mampu menerobos pasar-pasar besar di tanah air, mulai supermarket, toko, kios, warung dan pasar tradisional tak ada yang terlewatkan. Begitupula dengan produk kue Aneka Rasa olahan Anisah Hamidi (52) di Kampung Cikiray Kaler Desa Sukamanah Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. 
Salah satu kawasan yang tak pernah absen dalam kemunculan kreasi dan inovasi dibidang kuliner adalah kawasan Kecmatan Cisaat Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kampung Cikiray Kaler Desa Sukamanah. Di tempat inilah muncul karya baru yang meramaikan belantika wisata kuliner di bidang home Industri salah satu kuliner kue made in Anisah. Sejak tahun 1980 Kue Aneka Rasa dibangun Anisah dengan bermodalkan hobi yang dibalut dengan ilmu-ilmu yang didapatkan dari berbagai kursus, sehingga berkat ketekunan dan keseriusan ribuan produk Aneka Rasa pun tak kuasa dibendung hingga akhirnya merambah keberbagai daerah dan kota-kota besar di Jawa Barat seperti Cianjur, Tasikmalaya, Bandung, Bogor dan juga kota dan di Sukabumi tentunya tak terlewatkan. 
Nampak kesemangatan terpancar dari sosok Anisah karena hampir setiap waktu perempuan berumur 52 tahun ini senantiasa menciptakan ide guna membuat produk-produk unggulan seperti aneka kue pengantin, ulang tahun, khitanan mulai Bolu Pisang, Bolu Surabaya yang jenisnya ada sekitar 50 jenis. Jika anda dan keluarga berkunjung ke Rumah Aneka Rasa, pasti mata anda akan disuguhi pemandangan berbagai macam bentuk dan ukuran aneka kue dan bolu dengan aneka rasa yang mantap harganya pun sangat terjangkau mulai dari harga Rp.50.000 ribu – Rp2,5 juta. Sudah hampir 31 tahun Anisah tanpa lelah mengolah usahanya ini dan hasil penjualannyapun dapat mencapai hingga Rp3 juta perhari, padahal dulu sewaktu ia pertama kali buka usaha ini hanya bermodalkan uang Rp40 ribu saja dan yang paling ia banggakan manakala seluruh pelanggannya termanjakan dengan citarasa produknya. 
“Selain sisi bisnis, usaha ini sengaja saya buka guna mengembangkan hobi serta menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh dalam kursus-kursus pengembangan dan pengolahan makanan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi. Ade Saepul Hidayat (36 ) seorang pelanggan Kue Aneka Rasa. Dirinya membenarkan bahwasanya semua produk-produk karya Aneka Rasa ini memang tak ada duanya.”Jujur aja, produk aneka rasa ini tak ada bandingannya rasa paling mantap dan harganyapun murah banget,”akunya. 
Hanya kesuksesan usaha Aneka Rasa nampaknya belum sepenuhnya mendapat perhatian dari pemerintah, dalam hal ini pemerintah Kabupaten Sukabumi.” Kami sangat mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah terutama kaitan dengan permodalan dan konsep pemasaran, “ungkapnya. (Radar Sukabumi

0 komentar:

Posting Komentar