25 Januari 2012

Pasokan Pupuk di Kabupaten Sukabumi Akan Ditambah

SUKABUMI : Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan distributor akan menambah pasokan pupuk untuk para petani karena selama ini mengalami kesulitan mendapatkannya. “Kami berkoordinasi dengan distributor maupun produsen pupuk agar menambah kuota pupuk, khususnya pupuk subsidi untuk petani yang kekurangan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi, Sudrajat di Sukabumi, Jumat. 
Menurut dia, pasokan pupuk untuk tahun 2012 sebanyak 54 ribu ton atau tidak jauh beda dengan kuota pada tahun 2011. Ia mengatakan, kesulitan pupuk juga dipengaruhi oleh warna pupuk yang diubah dari warna putih menjadi warna merah muda atau pink yang mulai diberlakukan pada tahun ini. “Kami mengimbau kepada seluruh petani di Kabupaten Sukabumi agar segera melapor jika kesulitan mendapatkan pupuk,” tambahnya. 
Kepala Bagian Humas PT Pupuk Kujang Ade Cahya mengatakan, pihaknya siap menambah pasokan pupuk untuk Kabupaten Sukabumi bila ada kekurangan. Ia mengatakan, produksi PT Pupuk Kujang saat ini cukup besar yakni 3.500 ton/hari, sehingga masih bisa menjadi cadangan jika ada daerah yang kekurangan pupuk. “Dari data, pada Januari ini kuota pupuk untuk Kabupaten Sukabumi mencapai 4.500 ton dan baru tersalurkan 3.700 ton sisanya akan kembali di salurkan dalam waktu dekat ini,” kata Ade.  
Saat ini, katanya, persediaan pupuk urea di gudang lini tiga maupun pabrik mencapai 93 ribu ton, dengan rincian 67 ribu ton tersebar di lini tiga Jabar dan sisanya di pabrik, sehingga petani tidak perlu panik dengan kesulitan mendapatkan pupuk ini, karena persediaan masih cukup besar. (Bisnis Jabar)

0 komentar:

Posting Komentar