23 Januari 2012

2013, Target Palabuhanratu Jadi Minapolitan

Sukabumi - Pembangunan kawasan kota perikanan (minapolitan) di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi yang telah dicanangkan sejak April 2010 masih terus dilakukan. Berbagai kendala yang menghadang terus diselesaikan agar minapolitan yang bertujuan untuk mensejahterakan nelayan cepat terwujud pada tahun 2013 nanti. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina mengatakan, pembangunan kawasan minapolitan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. "Tujuan utamanya untuk mensejahterakan para nelayan dan masyarakat," kata Dedah. 
Menurut Dedah, alokasi dana pembangunan kawasan minapolitan sangat besar. Pada tahun 2012 ini saja biaya yang digunakan dalam rangkaian pembangunan kawasan kota perikanan itu mencapai Rp214 miliar. "Dukungan dana yang cukup besar ini berasal dari pemerintah pusat, provinsi dan APBD Kabupaten Sukabumi," ujarnya. Untuk alokasi dana yang dikucurkan tahun 2012 mengalami peningkatan dibandingkan 2011 lalu yakni sebesar Rp132 miliar. 
Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) Arief Rahman Lamatta mengatakan, salah satu kriteria untuk mewujudkan minapolitan adalah pembangunan pelabuhan perikanan samudera (PPS). Namun pembangunan PPS ini masih terkendala pembebasan lahan. "Proses pembebasan lahannya masih terkendala. Ini disebabkan adanya sengketa kepemilikan di tengah warga sendiri," kata Arief kepada para wartawan. Padahal menurut Arief jika PPS sudah dibangun maka dipastikan potensi perikanan laut di Palabuhanratu makin meningkat. "Selain membangun PPS pengembangan minapolitan dilakukan dengan membangun sarana penunjang lainnya, seperti tempat pengawetan dan pengolahan ikan cold storage berkapasitas seribu ton," tambahnya.[ang]

Sumber Inilah Jabar

1 komentar:

  1. Pelabuhan ratu boleh jd kota minapolitan tp peluang kerja bagi putera daerah tidak d perhatikan malah lebih banyak d kuasai oleh orang luar apa mungkin KKN d thn 2013 masih berjalan lancar...hatur nuhun..

    BalasHapus