24 Januari 2012

Produsen Triplek Terkendala Modal Usaha

SUKABUMI – Produksi triplek atau kayu lapis (Plywood) di Kota Sukabumi cukup banyak. Salah satu produsenya CV Intan Kayu memproduksi kayu lapis ini untuk bahan utama pembuat meja, kursi, pintu, jendela. Perusahaan yang terletak di Jalan Selaeurih No. 58 Kota Sukabumi ini mengolah kayu gelondongan menggunakan mesin modern untuk pengupasan atau pengikisan kayu tersebut. Setelah menjadi bahan setengah jadi, kemudian memasarkan ke wilayah Jakarta Bogor Tangeran dan Bekasi (Jabotabek). “Kayu gelondongan ini merupakan kayu masyarakat yang tidak merusak lingkungan karena bisa ditanam kembali setelah penebangan,” kata pemilik CV. Intan Kayu, Winata, kemarin. 
Dia mengawali usaha ini sejak 2008 silam. Winata sebelumnya pernah bekerja di salah satu perusahaan yang memproduksi kayu lapis di kawasan Cikembar, Kota Sukabumi. Berbekal pengalamannya, dia pun berinisiatif untuk membuka usaha sendiri bersama rekan dekatnya. Dalam sehari, dia meraih omzet penjualan sekitar Rp15 juta per hari dengan waktu kerja selama 26 hari/bulan. Selama empat tahun menjalankan usaha ia mengaku hanya mampu bertahan dengan keuntungan relatif tipis. Selain itu modal kerja menjadi penghambat lajunya usaha sehigga kapasitas produksinya tak bisa mencukupi semua pesanan. “Tiap pengiriman barang, perusahan selalu ngutang. Sebulan sekali mereka baru membayarnya. Padahal biaya operasional dan upah tenaga kerja harus bayar kontan,” ujarnya. 
CV Intan Kayu saat ini memiliki enam tenaga kerja dan tenaga pemasaran sebanyak 40 orang yang tersebar di kawasan Jabotabek. Dia pun berharap warga Sukabumi memilih produknya agar perusahaan dapat berkembang pesat. Selain itu,ada bantuan kredit berbunga rendah dari pemerintah untuk mengembangkan usahanya. “Mudah-mudahan ada kucuran dana dari pemerintah, agar usaha saya ini bisa lebih maju,” pungkasnya. (Radar Sukabumi

4 komentar:

  1. Saya dari PD.JASA ANANDA RATTAN Cirebon, membutuhkan banyak Triplek rijek atau yang non grade tebal 9 mm ukuran panjang lebar no problem yang penting tidak kurang dari 70 cm, semoga Kita bisa kerjasama , informasi secepatnya ditunggu, terima kasih.

    Hormat saya :
    TULUS AMARILLAH Cirebon
    0231 - 342564 HP.087829784903
    E-mail : tulusamarillah@yahoo.com
    Website : www.intiqolysandal.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Saya membutuhkan triplek tebal 12mm X 700mm x 1600mm 500 pcs tiap bulanya.
    Hubungi saya di amadyiyi@gmail.com

    BalasHapus
  3. Saya membutuhkan mesin pengupas atau pengikis kayu, hub
    Email: masturi.lks@gmail.com

    BalasHapus
  4. di jual tanah 1,5 hektar. harga 20 juta / are. lokasi desa tamblingan, dari jalan raya kurang lebih 200 meter. tanah berisi 2000 lebih kayu sengon ( jarak tanam 2m x 2m dan di tanam awal tahun 2010 ), jeruk, bunga. Pemandangan bagus, alami dan jauh dari polusi, cocok untuk investasi atau untuk villa.
    Hub : WAYAN SURYANI ,
    E-mail : darmayasa_made@yahoo.com
    Phone : 081353178097 (simpati ), 08179712357 ( XL ), 085739105132 ( IM3 ).

    BalasHapus