28 Januari 2012

Dikirim SMS Penipuan, Waspadalah!

CIKOLE : Para pelaku kriminal nampaknya mempunyai beribu cara untuk mengelabui para korbannya. Tidak hanya berupa tindakan penjambretan, pencurian, pembobolan dan lain sebagainya saja yang dilakukan. Baru-baru ini, masyarakat diresahkan dengan munculnya Short Message Service (SMS) yang isinya menyuruh untuk mengirimkan sejumlah uang ke nomor rekening salah satu Bank atas nama Jerry Andrico Harahap dengan nomor rekening 024-3247-577. Bahkan dalam isi sms tersebut, pelaku dengan jelas menyebutkan nama dan nomor rekening pelaku sebagai sasaran pengiriman uang. Nada SMS sebagai berikut, ‘Uangnya kirim aja ke Bank a/n Jerry Andrico Harahap, no rek 024-3247-577, kalau sudah kirim SMS ya.Trims’. 
Penipuan bermodus SMS ini meresahkan warga. Pelaku mencoba mengelabui penerima pesan singkat tersebut seolah-olah sudah mengenal target yang sudah diincarnya. “Saya tidak tahu, tiba-tiba ada SMS seperti itu. Saya juga tidak kenal siapa orang yang mengirim sms tersebut termasuk atas nama di dalam sms itu,” ujar warga yang menerima SMS, Taufik Ismail (27). Tapi, dirinya tidak menghiraukan sms tersebut. Namun dengan adanya SMS tersebut sangat mempengaruhinya. Dirinya takut, kalau nanti benar ada saudaranya yang meminta bantuan tapi memakai nomor dan atas nama pemilik lain tidak diberikan. “Bagaimana kalau ada kerabat saya yang benar minta bantuan. Inikan bisa jadi masalah. Tapi kalau saya kirim tiba-tiba juga saya takut tertipu,” ucapnya. 
Meski begitu, sampai saat ini Polres Sukabumi Kota belum menerima aduan adanya penipuan dengan modus SMS tersebut. Namun pihaknya menghimbau, agar masyarakat lebih berhati-hati lagi jangan sampai terjebak oleh SMS yang tidak jelas. “Kami menghimbau, agar masyarakat mengabaikan pesan singkat itu. Kejahatan memang tidak mengenal waktu dan tempat. Termasuk modus yang dipakainya,” ujar Humas Polres Sukabumi Kota, Iptu Yasin. (Radar Sukabumi

0 komentar:

Posting Komentar