20 Januari 2011

Juli, Jalan Tol Seksi I Dibangun

SUKABUMI--Pembangunan jalan tol Bogor-Sukabumi-Ciawi (Bosuci) seksi I akan dilaksakan pada Juli tahun ini. Untuk seksi pertama ini dari Ciawi ke Cigombong sepanjang 14,6 kilometer. Yaitu, dari jalur tol Jabotabek gerbang Ciawi menyambung ke area jalur kanan menuju Sukabumi yang akan melalui Kecamatan Cihideung, Caringin, Cijeruk, Cigombong. 
Untuk itu, Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat meminta pembebasan lahan yang belum rampung segera diselesaikan agar pelaksanaan pembangunan tepat waktu. "Enam bulan ke depan pembebasan lahan harus tuntas karena pembangunan seksi pertama ini harus selesai dan mulai dioperasikan pada Desember 2012," kata anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat, Ujang Fahpulwaton, usai meninjau lokasi pembangunan tol tersebut, kemarin. 
Saat ini pembebasan lahan baru terlaksana sekitar 10 persen dari 139 hektare jalur jalan tol Ciawi-Cigombong. Ditambahkannya, pembangunan tol ini memang sudah sangat mendesak mengingat kapasitas kendaraan yang melebihi batas volume jalan nasional yang berakibat kemacetan panjang dan pertumbuhan mobilitas masyarakat di jalur tersebut sudah padat. 
"Kami minta kepada rekanan, dalam hal ini PT Bakrie Toll Road sebagai pelaksana pembangunan dan transjabar harus melaksanakan pembangunan sesuai dengan site plan," imbuhnya. Perlu diketahui, panjang Jalan tol Ciawi ke Sukabumi berkisar 54,55 kilometer. Pembangunannya dijadwalkan Juli atau Agustus. 
Dalam pelaksanaannya dibagi empat seksi, yakni seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 14,60 Km, seksi II Cigombong-Cibadak 12,65 Km. Pembangunan seksi III meliputi wilayah Cibadak-Sukabumi Barat 13,90 Km dan seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Utara 13,20 Km. Menurut Ujang, dalam rapat kerja Komisi D beserta pengembang, pengelola PT Bakrie Tool Road dan Trans Jabar, semua pihak optimis pada 2015 semua seksi pembangunan jalan tol selesai dan mulai dapat dioperasikan secara keseluruhan. 
"Untuk itu Komisi D akan mendorong percepatan pembangunan, diharapkan juga pihak lain ikut mensuksekan jalan tol yang dibangun non APBD namun oleh BUMD," kata Ujang. Sementara itu, Kepala Divisi PT Bakrie Toll Road Dede Abdullah yang dihubungi secara terpisah mengatakan, optimis pembangunan jalan tersebut sesuai dengan jadwal yang ditentukan. 
Tahapan pembebasan lahan pun sedang dilaksanakan sembari berjalannya pembangunan. Ia mengatakan tidak ada kendala dalam tahapan pembangunan, semua pihak turut bekerjasama. Dede menjelaskan site plan jalur jalan tol yang akan dibangun seksi I, Ciawi-Cigombong berawal dari jalur tol Jabotabek gerbang ciawi menyambung ke area jalur kanan menuju Sukabumi yang akan melalui daerah Kecamatan Cihideung, Caringin, Cijeruk, Cigombong. 
"seksi pertama jalan tol dibangun dari ciawai tembus ke stasiun kereta Cigombong, dari situ mulai seksi kedua jalur Cigombong-Cibadak, melintas jalan nasional tepatnya jalur kiri menuju Sukabumi tembus Cibadak," tukasnya.(dri)

0 komentar:

Posting Komentar