18 Januari 2011

Berburu segarnya air terjun di Sukabumi

Bisnis Jabar -- Gemuruh suara air terjun (curug) Cikaso begitu keras terdengar dari air yang melimpah ruah dari tebing yang terjal menempa permukaan sungai Cikaso di Kabupaten Sukabumi bagian selatan.
Saking tingginya curahan air tersebut menyebabkan limpahan air yang terjun ke permukaan sungai membentuk butiran-butiran air yang halus.
Sejenak, mungkin anda bisa membayangkan butiran-butiran air yang halus tersebut menempa wajah atau tubuh anda. Rasa nyaman dan mengasyikan mungkin akan muncul dari benak anda.
Curug Cikaso yang jaraknya sekitar 110 km dari Kota Sukabumi merupakan salah satu curug terbesar di Suka ffb bumi selatan. Curug tersebut memang menjadi target buruan wisatawan penggila air terjun.
Tommy Komara, Administratur PT Perkebunan Nusantara VIII Cikaso, mengemukakan pengunjung wisata curug tidak hanya warga Sukabumi dan sekitarnya. Akan tetapi, cukup banyak pula warga Jakarta.
“Sebuah perusahaan rokok juga menggunakan lokasi Curug Cikaso sebagai lokasi syutingnya. Kalau melihat iklan rokok di televisi yang ada air terjunnya, itu diambil dari sini,” katanya.
Panorama nan indah
Pengunjung tidak hanya akan dimanjakan oleh panorama indah curug. Akan tetapi, pemandangan luar biasa akan ditemui ketika menempuh lokasi curug dengan menggunakan perahu antara 10—15 menit. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sisi kanan dan kiri sungai yang masih alami dan asri.
Di sini, pengunjung tidak akan terlalu disibukkan dengan ulah pedagang kaki lima yang membuat kumuh karena memang angka kunjungan ke wisata tersebut masih terbilang sedikit. Tarif sewa perahu dan masuk ke lokasi curug pun masih relatif murah, Rp20.000 orang.
“Pengelola wisata curug tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar. Bukan oleh pemerintah atau swasta,” ujarnya.
Jika ingin lebih komplet nuansa wisatanya, pengunjung bisa menikmati jenis wisata lain yang berada di sekitar Cikaso. Di sini terhampar luas area untuk jogging, trekking, bahkan berwisata perahu hingga lautan di ujung selatan Cikaso.
Terkait masalah akomodasi, cukup banyak warga yang menawarkan tempat untuk menginap termasuk fasilitas yang ada di PTPN VIII Cikaso.
Masih banyak curug lagi
Sebetulnya banyak curug di Sukabumi bagian selatan ini. Curug Cigangsa yang terletak satu jam perjalanan dari Cikaso merupakan curug berukuran besar. Akan tetapi, akses jalan ke curug tersebut cukup berat karena harus melewati area perkebunan dan pesawahan.
Selain Cigangsa, ada pula Curug Sawer di Taman Nasional Gede-Pangrango, Curug Bibijilan dan lain-lain. Ayo, siapa mau?!(hh)
Sumber foto: Disparbud Jabar

0 komentar:

Posting Komentar