23 Februari 2011

Koi Sukabumi Pasok Pasar Nasional

Radar Sukabumi-- Meskipun budidaya ikan Koi di Sukabumi belum berkembang dengan pesat, namun Ichwan Hamid seorang Brider (peternak) ikan koi di Kota Sukabumi tidak putus asa untuk terus berupaya mengembangkan budidaya ikan Koi di Kota Sukabumi.
Ditemui di kediamannya di Jalan Pajagalan, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi beberapa waktu lalu  mengaku sudah bertahun-tahun  menekuni budidaya ikan Koi.
Bahkan saat ini Hamid sudah mempunyai beberapa kolam untuk budidaya ikan Koi, yaitu di daerah Koleberes Kelurahan Dayeuhluhur Kecamatan Warudoyong.
“Budidaya ikan Koi mempunyai kepuasan tersendiri, karena jenis dan corak warna yang beraneka ragam,”  katanya yang sudah menggeluti bisnis ikan koi selama tiga tahun terakhir.
Dijelaskannya, ada beberapa jenis ikan Koi yang dipelihara dirinya. Diantaranya, kohaku ,sanke showa, shiro bekko. Bahkan jika dilihat dari segi materi, budidaya ikan Koi sangat menguntungkan karena ketika panen bisa menghasilkan uang hingga puluhan dan ratusan juta rupiah.
“Rata-rata ikan Koi yang berukuran 5-10 cm saja bisa dijual dengan harga Rp. 20.000/ekor. Satu tahun terakhir ini, bisnis ikan hias khususnya koi mulai menggeliat kembali. Ya Alhamdulillah hasilnya sangat menjanjikan apabila kita menekuninya,” ujarnya.
Menurut Hamid, budidaya ikan Koi sangatlah mudah karena hanya memubutuhkan waktu selama 3 bulan untuk memanen ikan yang berukuran 10 cm.
" Terlebih jika dilihat dari biaya, tergantung keinginan kita sendiri. Karena budidaya ikan Koi juga bisa dilakukan di kolam milik kita sendiri di rumah," tuturnya.
Namun lebih lanjut Hamid mengatakan, saat ini pesanan bibit ikan Koi yang masuk kepada dirinya sangatlah banyak hingga tidak terpenuhi. Bayangkan saja selama 1 bulan dirinya hanya mampu menerima pesanan sebanyak 30.000 ekor, padahal jumlah pesanan lebih dari itu.
“Kebanyakan pesanan datang dari wilayah di luar Sukabumi, seperti Bandung, Jakarta, Cianjur dan lainnya,” terangnya.
Bahkan diungkapkan Hamid, saat ini yang masih menjadi kendala dirinya adalah kurangnya pasokan indukkan ikan Koi yang kwalitasnya utama. Untuk itu dirinya berharap agar Dinas Pertanian Kota Sukabumi dapat membantu dalam hal penyediaan indukkan ikan Koi  dan rencananya dalam waktu dekat ini akan segera direalisasikan. (sri)

0 komentar:

Posting Komentar