15 Februari 2011

Jalur Perintis KA Bandung-Sukabumi Siap Dioperasikan

BANDUNG (bisnis-jabar.com) : PT Kereta Api Indonesia (KA) siap mengoperasikan jalur perintis koridor Bandung-Cianjur-Bogor-Sukabumi setelah selesainya pembangunan sarana dan prasarana di beberapa titik oleh Kementerian Perhubungan.
Direktur Komersial PT KA Su ffb listyo Wimbo Hardjito mengemukakan Ditjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan memang sedang menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana kereta api di beberapa titik antara lain rel, rambu-rambu, perbaikan jalur, terowongan, dan lain-lain.
“Kalau sudah selesai pembangunannya oleh pemerintah, kami tentu siap mengoperasikan jalur tersebut,” katanya hari ini.
Dia mengatakan dari sisi bisnis, jalur KA tersebut memang tidak menguntungkan perusahaan. Akan tetapi, rencana beroperasinya KA pada jalur itu akan ditujukan untuk melayani kepentingan masyarakat.
Menurut dia, seluruh beban operasi KA akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, sama halnya dengan angkutan kapal laut perintis.
“Program KA perintis ini di atas KA PSO [public service obligation],” katanya.
Jika jalur KA tersebut terwujud, katanya, akan menjadi satu-satunya KA perintis yang beroperasi di Indonesia.
“Kalau usulannya sudah kami sampaikan, dan itu direspon oleh Kementerian Perhubungan dengan perbaikan terlebih dahulu sarananya,” katanya.(Roberto Purba)

1 komentar:

  1. bagus emang harusnya pt kai tidak harus selalu berhitung untung, walaupun sebenarnya bisa juga untung dan tidak membebani rakyat kecil, asal tidak ada pungli,
    dengan begitu akan merangrangsang pertumbuhan ekonomi di daerah jalur rintisan tersebut. semoga saja cepat operasi dan banyak memberi manfaat, aamiin

    BalasHapus