11 November 2011

SMKN 2 Kota Sukabumi Rakit Ribuan Notebook

Citamiang - sejumlah SMK penerima bantuan di Kota/Kabupaten Sukabumi, Kota/Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Hebatnya, ratusan perangkat elektronik yang merupakan bagian dari proyek pengadaan Dirjen Pendidikan Menengah itu akan dirakit siswa SMKN 2 sendiri. Salah seorang guru SMKN 2, Rahmat menjelaskan, perakitan ini sesuai surat keputusan sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Menengah selaku kuasa pengguna Anggaran (KPA) Nomor : 01162/D1/KP/2011, tanggal 9 Mei 2011. Di mana SMKN 2 Sukabumi ditetapkan sebagai perakit notebook, PC dan LCD proyektor. “Ini sebuah kebanggan bagi SMKN 2 secara khusus dan Kota Sukabumi umumnya,” ujar Rahmat. 
Untuk tahap pertama, SMKN 2 akan merakit 661 unit PC dan 1.550 unit notebook dan 260 LCD proyektor. Kegiatan ini ditujukan untuk proses pembelajaran bagi siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebagai jurusan TIK di SMKN 2 Sukabumi. “Program ini sekaligus untuk melatih para siswa agar kedepannya memiliki jiwa kewirausahaan yang mandiri,” katanya. 
SMKN 2 mendapat sebutan sebagai smk perakit berkat prestasi yang telah diraih sejak tahun 2008 hingga saat ini. Seperti pada 2008 SMKN 2 merakit PC sebanyak 36 unit, kerja sama dengan PT Syrexindo Mandiri Buana. Setahun kemudian merakit PC maupun notbook bekerja sama dengan tim implementasi pengembangan kota vokasi Kota Sukabumi. 
Tahun lalu, siswa SMKN 2 kembali merakit 371 unit proyektor, merupakan bantuan dari direktorat PSMK. Dalam proses perakitan PC dan LCD proyektor diserahkan pada kelas X dan kelas XI TKJ sedangkan kelas XII ditugaskan sebagai cuality control dan program keahlian RPL ditugaskan untuk proses instalasi pada PC . 
SMKN 2 Kota Sukabumi adalah salah satu dari empat sekolah perakit yang ada di Jawa Barat. SMKN 2 ingin menjadikan sekolah sebagai teaching factory. Rencana untuk membuat power supply dan cassing PC rancangan sendiri, manfaat program pelatihan perakitan ini untuk sekolah adalah agar siswa dapat menjalankan praktik lebih baik lagi.(tiwi_rian/smkndua) Sumber

0 komentar:

Posting Komentar