22 November 2011

Inflasi Kota Sukabumi Stabil 3,28 Persen


SUKABUMI - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi memprediksikan hingga November 2011, kondisi perekonomian di Kota Sukabumi stabil. Hal tersebut disebabkan faktor cuaca yang mendukung iklim pertanian. 
Seperti yang dikatakan Kepala BPS Kota Sukabumi, Dudung Supriadi. Menurutnya, meski cuaca tidak mempengaruhi inflansi tapi yang bisa menyebabkan inflansi, ketersediaan dan permintaan masyarakat kecuali barang-barang impor berdasarkan nilai tukar rupiah.
Musim hujan yang melanda Kota Sukabumi akhir-akhir ini, lanjut Dudung sangat bermanfaat khususnya bagi para petani. Lantaran produksi pertaniannya bisa meningkat bila dibanding dengan musim kemarau. “Kondisi inilah yang melatarbelakangi tingkat inflasi di Kota Sukabumi dari Januari – November 2011 relatif stabil sekitar 3, 28 persen,”ujar Dudung saat dikonfirmasi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, kemarin.
Meski relatif stabil, diakui Dudung, laju inflasi ini akan mengalami kenaikan satu bulan ke depan tepatnya Desember 2011. Namun tak perlu khawatir karena kenaikan itu tidak akan mencapai 50 persen. “Masyarakat tidak perlu khawatir akan naiknya inflasi di Desember. Sebab, Idul Fitri dan Idul Adha  telah dilalui yang notabene di dua hari besar keagamaan itu terjadi kenaikan harga barang yang cukup signifikan,”bebernya.
BPS menghasilkan keragaman data statistik baik sosial maupun ekonomi, yang di manfaatkan baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat umum. Fenomena yang terjadi di daerah perkotaan menunjukan luas lahan sawah akan semakin berkurang sejalan dengan banyaknya pembangunan di bidang perumahan, perdagangan atapun industri sehingga fungsi lahan pertanian berubah fungsi menjadi lahan bukan pertanian.
Masyarakat/responden hendaknya memberikan data secara akurat kepada pihak BPS. Karena dengan data tersebut bisa menggambarkan perekonomian Kota Sukabumi. “Kadang-kadang kedatangan tim BPS tidak di respon masyarakat. Sehingga hal ini menjadi kendala untuk mendapatkan data yang benar dan akurat tentang perekonomian di Kota Sukabumi. Semoga inflansi lebih stabil dan bisa lebih baik sesuai dengan seperti harapan masyarakat,”pungkasnya.(cr3)

0 komentar:

Posting Komentar