22 November 2011

Jelang Libur Panjang, Pegadaian Diserbu


SUKABUMI - Menjelang libur panjang (Libur Natal dan Tahun Baru 2012,red), ternyata berdampak negatif bagi keuangan warga Sukabumi. Rupanya, mereka harus siap-siap memenuhi kantongnya agar bisa menikmati saat liburan nanti. Meski diketahui sampai saat ini pemerintah belum memastikan kapan jadwal libur tiba. Alhasil untuk memenuhi bekal saat liburan, sebagian dari mereka menggadaikan barang berharga ke kantor Pegadaian Sukabumi.
Seperti yang diutarakan Humas Pegadaian Sukabumi,  Ojo Sutarjo. Ditemui di ruang kerjanya kemarin, kepada Radar Sukabumi dirinya mengaku sekitar 64 persen dari total krediturnya lebih banyak menggadaikan barang dibandingkan menebus barang yang digadaikannya.
“Memang benar menjelang libur panjang pada natal dan pergantian tahun baru 2012 yang paling banyak itu adalah yang menggadaikan barang, jumlahnya mencapai 64 persen. Sedangkan yang melunasi barang gadaian itu jauh lebih sedikit,”katanya.
Ojo menjelaskan lonjakan ini sudah terasa sejak September 2011. Mayoritas yang mereka gadaikan adalah perhiasan, lantaran prosesnya mudah.
“Di bulan September sampai November yang paling banyak jumlah penggadai. Pinjaman lebih banyak di tahun ini dari pada tahun lalu,”ujarnya.
Sementara itu, untuk menjaring konsumen pihaknya mengadakan program Galeri 24. Yaitu layanan penjualan logam mulia kepada masyarakat, secara tunai atau diangsur dengan proses cepat dan dalam jangka waktu kredit fleksibel.
“Jadi ketika proses akad, si konsumen harus membayar uang muka sebanyak 35 persen dari harga emas yang disepakati. Harga itu bisa berubah berdasarkan akad pada saat perjanjian transaksi,”ujarnya.
Lebih lanjut Ojo menjelaskan bahwa barang (emas 24 karat) akan di serahkan jika sudah lunas. Untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan keberadaan perum pegadaian Sukabumi dan sebagai BUMN milik pemerintah kini membuka Unit Pelayanan Cabang (UPC) Pelabuhan Ratu, Cisaat, Pasar Pelita dan Cikole dengan menyerahkan barang jaminan dan foto copy KTP atau SIM masalah keuangan anda bisa di selesaikan dengan Pegadaian.(cr3)

0 komentar:

Posting Komentar