8 Oktober 2011

KPP Pratama Sukabumi Sisir Sentra Bisnis dan Pemukiman

Sukabumi – Menjelang pelaksanaan program Sensus Pajak Nasional (SPN) 2011, para petugas dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi disebar ke  pusat bisnis seperti mall dan pasar serta kawasan pemukiman.
Seperti yang terjadi di Super Mall Sukabumi, Jum’at (30/9), Di pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan A Yani Kota Sukabumi ini terlihat lain dari biasanya. Mereka melakukan Pekan Simpatik SPN 2011 melalui pemberian informasi langsung SPN, penyebaran brosur pada masyarakat, hingga mendatangi para wajib pajak (WP).  Petugas dibagi menjadi dua kelompok, ada yang bertugas menyebarkan brosur dan sebagian lagi memberikan layanan informasi seputar SPN 2011 di sebuah stand yang sengaja dipersiapkan di sudut sebelah kanan mall tersebut. Dengan senyum dan keramahan yang diberikan, tak ayal para pengunjung dan wajib pajak yang ada di areal mall ini menyambut baik kehadiran mereka.
Sebelumnya dalam surat himbauan tentang pelaksanaan kewajiban perpajakan, Kepala KPP Pratama Sukabumi, Syaiful Anwar mengatakan dengan menganut sistem self assessment, para WP diberi kepercayaan penuh untuk melaksanakan kewajiban perpajakan dengan cara menghitung, membayar dan melaporkan sendiri pajak yang terhutang. Maka para WP yang telah memenuhi syarat diwajibkan mendaftarkan dirinya ke KPP Pratama Sukabumi untuk memiliki NPWP. Mengisi dan menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT Tahunan) Pajak Penghasilan dan membayar angsuran pajak terhutang paling lambat tanggan 15 bulan berikutnya dan melaporkan Surat Pembetitahuan Masa (SPT masa) paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya. Untuk itu, dalam kaitannya dengan SPN 2011, pihaknya berharap masyarakat tidak perlu takut dengan sensus ini.
“Bapak dan Ibu tidak perlu takut jika nanti ada dari petugas kami yang datang ke rumah. Karena tujuan utama dari sensus ini adalah untuk updating data. Para petugas kami telah dibekali dengan prosedur dan kode etik, jadi kalau terjadi hal-hal diluar prosedur dan etika, bapak ibu bisa langsung melaporkannya ke kantor kami,” jelas pria yang dikenal supel dan murah senyum itu kepada Radar Sukabumi.
Ditemui disela-sela Pekan Simpatik SPN di Super Mall Sukabumi,  Sekretaris Tim SPN 2011 KPP Pratama Sukabumi Harmini Cahyadi didampingi Penanggung jawab  Tim Edukasi dan Penyuluhan KPP Pratama Sukabumi Setya Syahbudin  mengatakan Pekan Simpatik SPN di Sukabumi dilakukan selama empat hari dari tanggal 30 September-5 Oktober 2011 dengan menerjunkan 20 tim masing-masing 3 orang. Mereka bertugas menyisir kawasan-kawasan sentra bisnis misalnya mendatangi pertokoan, mall-mall ,pasar dan pemukiman yang telah ditentukan. Tempat-tempat itu merupakan sebagian lokasi yang akan dilaksanakan SPN 2011.
“Berdasarkan rencana kerja KPP Pratama Sukabumi, SPN 2011 akan dilaksanakan dari tanggal 3 Oktober-30 November 2011 dengan menerjunkan 30 petugas yang terbagi dalam 15 tim. Selama dua bulan itulah kami mentargetkan dapat mensensus 6.559 WP baik orang pribadi dan badan yang berada di lokasi sentra bisnis, high rise building atau kantor bertingkat dan kawasan pemukiman. Dan  dari jumlah tersebut minimal 4 ribu WP terjaring dalam SPN ini,”tegasnya yang juga mengaku bahwa seluruh petugas yang diterjunkan dalan SPN 2011 itu bukanlah tenaga honorer baru akan tetapi semuanya adalah pegawai di lingkungan KPP Pratama Sukabumi yang telah mengikuti Bintek di Kanwil DJP Jabar I.(sri)

0 komentar:

Posting Komentar