10 April 2011

Pesta Rakyat Simpedes BRI Meriah

SUKABUMI -- Ramai, spektakuler dan meriah. Begitulah suasana Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI  yang diadakan di Lapangan Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) Cikembang Kabupaten Sukabumi, kemarin. Sebuah perhelatan akbar yang memanjakan para nasabah BRI diisi rangkaian acara hiburan seperti pagelaran tari dan musik tradisional Sunda serta aneka permainan.
Berbeda dengan perayaan biasa, pesta ini  merupakan apresiasi Bank BRI kepada masyarakat pedesaan yang selama ini telah menjadi nasabah setia Tabungan Simpedes, tabungan khusus bagi rakyat pedesaan yang diluncurkan sejak 1984 dan melegenda hingga saat ini. Pimpinan Cabang BRI Sukabumi, Hari Purnomo, komunikasi produk Tabungan  Simpedes telah cukup lama belum memiliki strategi komunikasi yang pas dan menyentuh rakyat banyak.
“Kita coba revitalisasi pengundian hadiah Simpedes dengan melakukan branding dan komunikasi pemasaran produk Simpedes lebih akbar, spektakuler, serta terintegrasi dengan melakukan Pesta Rakyat Simpedes yang  dilakukan secara bergiliran di seluruh Kantor Cabang BRI di Indonesia,” ujarnya kepada Radar kemarin.
Pesta Rakyat Simpedes juga melibatkan berbagai kesenian, potensi dan budaya lokal yang ada di masyarakat setempat, Seperti dari Siswa Siswi SMA dari Kabupaten Sukabumi,  sebagai wujud penghargaan Bank BRI kepada berbagai keragaman dan potensi yang ada dalam masyarakat.
Menurut Hari Purnomo, selain spektakuler dan akbar, Pesta Rakyat Simpedes juga unik karena menampilkan aneka kegiatan bukan hanya dalam bentuk kesenian semata tetapi juga pesta rakyat dalam arti yang sebenarnya. Setiap event Pesta Rakyat Simpedes setidaknya dilakukan empat hal. Pertama, mengadakan pasar murah yang diikuti oleh para pedagang yang menjadi nasabah BRI. Di sini para pedagang diberikan stand gratis untuk menjual aneka produk yang dapat ditawarkan kepada pengunjung acara. Kedua, melakukan pawai yang diikuti oleh masyarakat, pelajar, tokoh-tokoh masyarakat setempat, serta para nasabah. Ketiga, membuka panggung. Di panggung inilah berbagai aktraksi kesenian lokal ditampilkan. Yang suka bernyayi, boleh langsung menyumbangkan suaranya. Begitu juga Diramaikan oleh artis artis lokal dan artis KDI. Keempat, panen hadiah. Di acara inilah sekaligus diselenggarakan acara pengundian hadiah bagi para nasabah Simpedes, dan Uang tunai kaget.
"Berbagai hadiah disediakan oleh BRI mulai dari uang tunai, mobil, motor, dan ratusan produk elektronik lainnya. Benar-benar meriah, benar-benar spektakuler. Mengenalkan Simpedes,"tuturnya.
Selain sebagai wahana hiburan bagi masyarakat, khususnya yang berada di daerah-daerah, Pesta Rakyat Simpedes juga menjadi wahana memperkenalkan produk Simpedes kepada masyarakat. Bagi para penabung yang pertama kali membuka rekening Simpedes diberikan aneka hadiah dan uang tunai  dan memperoleh kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah yang akan diundi pada saat Pesta Rakyat Simpedes digelar.
Pesta Rakyat Simpedes direncanakan menjadi agenda rutin setiap semester di Kanca BRI terkait dengan program penarikan undian Simpedes.  Dalam jangka panjang diharapkan menjadi semacam traditional event atau icon kegiatan di wilayah kerja Kanca BRI setempat yang bertujuan untuk menyegarkan kembali  brand produk Simpedes sehingga menimbulkan citra baru Simpedes yang lebih baik, membangun dan meningkatkan loyalitas nasabah BRI Unit terhadap tabungan Simpedes, serta menjawab tantangan persaingan dan menegaskan posisi BRI sebagai market leader di sektor mikro di  Indonesia. Tambahnya, Acara ini juga sebagai pernyataan bahwa produk Simpedes masih menjadi prioritas utama dalam kegiatan bisnis BRI.
Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari BRI Cabang Sukabumi, hingga akhir Februari 2011, BRI Cabang Sukabumi telah membuka 3 Teras, yakni di Pasar Pelita I, Pasar Cisaat dan Pasar Lettu Bakri (Teras Pasar Pelita II,red). Dana masyarakat yang masuk ke Teras Pasar Pelita I bisa mencapai Rp 1.176 miliar dengan jumlah nasabah penabung sekitar 364 orang. Dan nasabah peminjam sekitar 290 orang, dengan total pinjaman Rp 2.466 miliar. Sedangkan dana yang mampu diserap Teras BRI Cisaat sebagai dana simpanan mencapai Rp 606 juta dari 224 penabung, serta total pinjaman mencapai Rp 1,745 miliar dari 395 peminjam.
“Saya berharap dalam semester berikut sampai akhir tahun 2011 ini dapat terkumpul lebih banyak nasabah lagi seperti yang diharapkan, “ ujar Hari Purnomo.
Pesta Rakyat Simpedes selalu diselenggarakan selama 1 hari 1 malam, setiap hari Sabtu dan Minggu. Benar-benar pesta yang meriah.
Kendatipun, acara yang digelar di Lapang Yon Armed Cikembang tersebut rencananya dihadiri seluruh Muspida Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Kepala kantor Wilayah BRI Bandung. Peserta yang hadir seluruh nasabah BRI yang mengunakan layanan BRI Simpedes, dari 23 unit BRI dan 3 Unit kantor Kas di Kota dan Kabupaten Sukabumi.
"Acara ini untuk mendekatkan hubungan nasabah dan pengelola bank serta sejumlah muspika yang ada di Sukabumi, terhadap layanan jasa keuangan yang kami tawarkan," paparnya.
Dalam kegiatan tersebut rencananya BRI Sukabumi telah mempersiapkan ratusan hadiah untuk dibagikan. Bentuk hadiah yang akan diberikan  diantaranya, 26 Setrika, 26 kompor gas, 26 televisi ukuran 14 inci, 26 televisi ukuran 21 inci, 4 buah televisi Layar LCD, ratusan barang elektronik, 50 door prize, 25 uang kaget 5 motor Sucuki Swift dan hadiah utama 1 unit mobil Suzuki AVP.
"Memang akan banyak hadiah yang kami berikan untuk para peserta kegiatan yang juga nasabah setia BRI Simpedes," pungkasnya. (rp5)

0 komentar:

Posting Komentar